Jumat, 06 Januari 2023

Tips-Tips Agar Tetap Semangat Ketika di Kantor

Tips-Tips Agar Tetap Semangat Ketika di Kantor

 

Siapa sih yang  tidak ingin tetap semangat dan produktif saat bekerja, tentu menjadi produktif adalah sebuah keharusan dimana kita harus berusaha tetap menjaga mood dan mempertahankannya sampai jam kerja berakhir, tentu banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mood yang terjaga, bukan hanya pekerjaan yang semakin semangat kita kerjakan, bahkan ide dan gagasan baru pun akan mudah datang, bahkan dengan menjaga mood tentu juga dapat membuat orang lain di sekitar kita menjadi lebih nyaman dalam bekerja.

 
Tidak jarang kita juga bisa merasakan jenuh, bahkan terlihat kurang bersemangat.  atau mungkin kita mulai menyadari bahwa kita  sedang terjebak dalam sebuah rutinitas kerja yang amat monoton, misalnya kamu harus bangun pagi dan  berangkat kerja di saat pagi buta, ditambah kamu  berada dalam banyaknya rutinitas seperti  proyek dan menghadiri meeting-meeting penting, bahkan harus rela pulang tengah malam. Akhirya semangat kerja kamu  menurun drastis dan lambat laun kita tentu akan merasakan bosan dengan rutinitas tersebut. padahal bisa jadi pekerjaan yang kita jalani saat ini  merupakan pekerjaan yang selama kita idam-idamkan.
Soo ini dia tips-tips buat menjaga mood kamu disaat bekerja,


Tips simple agar tetap semangat kerja di kantor
 
Jangan lupa di catat ya siapa tahu bisa bikin mood kamu selalu semangat dan lebih produktif di kantor
1. Kenali hal apa yang dapat membuat Anda bahagia
 

Mungkin terdengar umum sekali, namun cara ini justru sangat bisa membantu kamu meningkatkan semangat ketika di kantor. Beri ruang buat diri kamu menemukan hal yan kamu suka dan coba nikmati tuh hal yang bisa membuat kamu nyaman meski itu cuma hal kecil
Yup sangat  sederhana sebagaimana mencari sesuatu untuk bisa disyukuri.  setiap individu pastinya memiliki hal-hal sederhana yang dapat disyukuri. Mungkin seperti  lokasi sudut ruangan kantor yang strategis, kantor yang  dekat dengan pusat jajanan murah dan enak, atau sekedar  kopi hangat di pagi hari yang selalu bisa membuat anda terjaga dan menambah semangat di pagi hari, atau mungkin menatap photo si kecil dirumah.

 

2. Atur meja kerja senyaman rumah Anda
 

Tahu ngak sih meja anda merupakan gambaran dari pikiran anda. Meja yang diatasnya banyak berserakan bisa jadi cerminan pikiran anda yang berantakan. soo Perlu  diketahui, jika kamu menghabiskan mencari berkas penting yang terselip adalah waktu yang sebenarnya dapat kamu gunakan sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan kamu .
Coba deh luangkan waktu meski hanya sebentar untuk membersihkan dan merapikan meja kamu. Kamu juga bisa menghias meja kerja kamu dengan benda benda kesukaan kamu, contohnya dengan meletakkan boneka, karakter anime kesukaan kamu, bingkai foto anggota keluarga atau kekasih hati, 
Dengan cara diatas mungkin bisa membuat diri kamu menjadi lebih nyaman dan santai ketika bekerja, layaknya di rumah sendiri.  Eits…. Jangan sampai melanggar peraturan hahahaha.
 
3. Sisipkan waktu Istirahat saat merasa jenuh
 

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk menumpahkan segala tenaga dan pikiran untuk bekerja, di waktu tersebut kamu pasti sedang sedang dengan produktifnya apalagi sembari \ ditemani secangkir kopi kesukaan kamu. kemudian tanpa sadar waktu sudah berjalan menuju sore hari, rasanya mata sudah berat banget
Nah solusinya coba deh kamu bisa beranjak dari tempat duduk kamu dan lakukan kegiatan selingan yang bisa membuat ngantuk kamu hilang, seperti sekedar mengambil air minum atau buat kopi lagi, atau sekedar jalan-jalan ke meja teman kamu dan bercengkrama beberapa kata. Jangan berpikir untuk tidur dalam toilet ya wkwkwk
Kegiatan singkat di  pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas dan memompa aliran darah mengalir lancar ke otak dan memungkinkan kamu untuk kembali fokus pada pekerjaan dengan lebih fresh

 

4. Hindari multitasking (mengerjakan banyak hal sekaligus)

 


Dalam Dunia kerja kita tidak bisa terlepas dengan multitasking, tentu kita punya target dan deadline yang memaksa kita untuk menyelesaikan banyak tugas sekaligus. Namun  hal ini justru bisa banyak membuang waktu produktif kamu ketimbang memberi manfaat buat kamu.
Nyatanya orang-orang yang berusaha untuk melakukan dua atau lebih kegiatan dalam satu waktu sekaligus justru pikirannya mudah teralihkan, sehingga kualitas bekerja mereka justru buruk. Ada baiknya kamu fokus dan selesaikan satu persatu pekerjaan kamu sebelum sebelum beralih ke proyek berikutnya.

 

5. Jangan makan siang berlebihan
 

 

Bekerja memang menguras banyak waktu dan pikiran, dan jam makan siang adalah waktu yang sangat dinantikan untuk sekedar istirahat dan mengembalikan tenaga yang hilang, biasanya kita terpikir untuk makan siang dengan makanan tertentu seperti nasi padang  di temani boba porsi jumbo atau makanan dengan porsi yang tidak tanggung tanggung lainnya. Eits, tunggu dulu. Makan siang dengan cara seperti ini justru hanya akan menaik-turunkan kadar gula darah kamu dengan cepat loh. Akibatnya kamu justru akan lemas, kurang semangat, dan mengantuk.
Ada baiknya kamu harus atur pola makan kamu dengan membagi porsi makan kamu dengan makanan yang kaya akan protein, vitamin, serat, dan antioksidan. Dengan cara seperti ini akan membantu kamu kenyang dan tetap fokus lebih lama.

 

6. Perbanyak mengingat alasan untuk kamu bekerja 
 

Tahun 1983 Steve Jobs pernah meyakinkan John Sculley CEO Apple di masa depan agar meninggalkan pekerjaannya di PepsiCo dengan satu pertanyaan sakti: “Apakah kamu ingin menghabiskan seluru hidupmu untuk berjualan soda atau kamu ingin mengubah dunia?”
 
Pertanyaan tersebut membuat Scully mempunyai kesempatan untuk akhirnya melakukan pekerjaan yang memiliki arti baginya. Sama halnya dengan kamu, jika kamu tahu betul apa yang menjadi alasan kamu melakukan pekerjaan kamu tentu ini akan memberikan dampak positif bagi kamu terbukti lebih membuat kamu bahagia dan produktif, dibanding dengan orang-orang yang bekerja tanpa tahu arah tujuan mereka dan hanya  sekedar hidup untuk bekerja dan bekerja untuk hidup
Sebesar apapun tujuanmu, ketika kamu terlibat dalam kegiatan yang buat kamu sangat berarti maka tentu semakin lebih terinspirasi dan lebih semangat dalam bekerja.

 

7. Rayakan kemenangan

 


Apabila kamu berhasil menyelesaikan satu tugas,tentu kamu akan merasa lega, nah perasaan lega yang kamu rasakan tersebut akan mendorong otak untuk melepaskan suatu senyawa kimia yang bernama dopamine. Senyawa dopamine ini adalah senyawa yang bertanggung jawab untuk menghasilkan mood positif.

Setelah kamu berhasil melakukan suatu pekerjaan dengan baik ada baiknya kamu memberi apresiasi terhadap dirimu sendiri. Contohnya dengan makan malam dengan pasangan, mentraktir keluarga tercinta, membeli gadget baru,menonton film favorit kamu, atau meluangkan waktu untuk memanjakan diri seperti camping atau renang, dorongan dari senyawa dopamin ini  akan memberikan kamu motivasi lebih yang banyak untuk semakin bergerak maju dan semakin melakukan lebih banyak pencapaian.

Kalo kamu sedang kesulitan atau merasa kurang semangat dan percaya diri, coba deh mengingat kesuksesan yang pernah kamu raih dengan usaha kamu, sekecil apapun hal berhasil kamu capai itu membantu meningkatkan semangat kerja, produktivitas serta kepercayaan diri kamu. Kepercayaan diri terhadap kemampuan diri kamu sendiri akan dapat mencerminkan hasil kerja nyata yang lebih positif..

 

8. Tetap berusaha tersenyum apapun kendala kamu

 


Bekerja memang tidak selalu menyenangkan, namun kita dituntut untuk tetap bisa menghadapi segala kendala, sebagaimana contoh diatas kamu bisa mengatasinya dengan mengenang hal yang berkesan buat kamu yang mungkin bisa membuat kamu tersenyum. Tersenyum adalah hal yang sangat sederhana namun hal tersebut dapat meningkatkan kebahagiaan kamu di tempat kerja. Dengan tersenyum dapat menstimulasi otak untuk menjadi lebih bahagia, Tersenyum membuat rekan kerja di sekitar Anda ikut tersenyum dan bekerja lebih semangat.

9. Mencari teman atau sahabat di tempat kerja

 

 

Mejalin pertemanan dengan orang yang tepat di tempat kerja merupakan hal yang baiknya kamu lakukan. Karyawan yang memiliki teman dekat di tempat kerja bekerja dapat lebih semangat. Pekerjaan mereka juga jadi terasa lebih ringan dan menyenangkan, serta jika kamu butuh bantuan masih orang yang mungkin siap buat membantu dan memberikan masukan atau sekedar mendengar kesulitan kamu. 
Dan juga, menjalin persahabat di tempat kerja dapat memberikan rasa kebersamaan, loyalitas, serta sekedar teman bicara. Tentu kamu mau kan ada orang yang mengapresiasi keberhasilan proyek atau sekadar pelepas stress kamu?

 

10. Lakukan ritual penyemangat sebelum mulai kerja
 


Jika kamu tipikal orang yang menyukai memulai hari dengan tenang, lengkap dengan secangkir kopi hangat. Atau apa pun itu, lakukanlah sesuatu yang bisa mendongkrak semangat dan mood positif kamu di pagi hari sebelum memulai pekerjaan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages